RESUME BERPIKIR KOMPUTASI
1. STRUKTUR DATA
Struktur data adalah cara menyimpan, mengambil, dan menyusun data. Struktur data memungkinkan data yang ada di komputer lebih mudah diakses dan diperbarui.
Fondasi setiap program komputer adalah data dan algoritma. Dengan algoritma, program komputer dapat menggunakan data secara efektif. Sementara struktur data ibarat kontainer yang menyimpan banyak data dengan layout tertentu. Tiap jenis struktur data memiliki layout masing-masing.
2.Tree Data
Struktur data tree, juga dikenal sebagai pohon, adalah struktur data yang digunakan untuk merepresentasikan hubungan hierarkis antara elemen-elemen data. Tree terdiri dari satu elemen khusus yang disebut root (akar) dan elemen-elemen lain yang disebut simpul (node/vertex).
Simpul-simpul ini terhubung satu sama lain dengan cara yang tidak saling berhubungan, membentuk subtree atau cabang
3.GRAPH DATA
Graph adalah jenis struktur data umum yang susunan datanya tidak berdekatan satu sama lain (non-linier). Graph terdiri dari kumpulan simpul berhingga untuk menyimpan data dan antara dua buah simpul terdapat hubungan saling keterkaitan.
Simpul pada graph disebut dengan verteks (V), sedangkan sisi yang menghubungkan antar verteks disebut edge (E). Pasangan (x,y) disebut sebagai edge, yang menyatakan bahwa simpul x terhubung ke simpul y.
4.Algoritma
Pengertian algoritma secara umum adalah sekumpulan langkah-langkah berurutan yang jelas yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah.
Algoritma komputer berupa sederet susunan langkah yang berurutan berdasarkan sistematika tertentu untuk memunculkan solusi komputasional.
Fungsi Algoritma berfungsi penting dalam pembuatan program komputer dengan mengubah permasalahan ke bahasa pemrograman.Konsep algoritma dalam dituangkan dalam bahasa pemrograman, sehingga menjadi program komputer yang bisa digunakan banyak orang.
5.Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli
Menurut Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi, Seorang Matematikawan Islam dari Uzbekistan Algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan yang ada
Menurut Goodman dan Hedetniemi, penulis buku “Introduction to the Design and Analysis of Algorithms“ Algoritma merupakan Urut-urutan terbatas dari operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memory dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.
Menurut Donald Ervin Knuth, seorang ilmuan terkenal dalam bidang komputerisasi
Algoritma yaitu Sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.
6.Expresi Logika
Ekspresi logika adalah proposisi yang dibangun dengan variabel logika yang berasal dari pernyataan atau argumen. Variabel logika berupa huruf tertentu yang dirangkai dengan perangkai logika, disebut ekspresi logika.
Ekspresi logika adalah ekspresi yang mengevaluasi ke nilai logika 0,0 untuk salah dan 1,0 untuk benar. AIMMS mendukung beberapa jenis ekspresi logika.
7.Operasi Logika
Pengertian Operator Logika. Operator Logika adalah operator yang digunakan untuk membandingkan 2 kondisi logika, yaitu logika benar (TRUE) dan logika salah (FALSE). Operator logika sering digunakan untuk kodisi IF, atau untuk keluar dari proses perulangan (looping)
Dalam logika, operator logika atau perangkai logika merupakan simbol logika yang dipakai untuk menghubungkan rumus-rumus logika. Sebagai contoh, dalam sintaks logika proposisional, operasi biner dapat dipakai untuk menggabungkan dua rumus atomik dan, memberikan rumus kompleks.
8.Flowchart
Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram. Dalam dunia pemrograman dan sistem.
flowchart digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah.
9.Flowchart Dokumen
Bagan alir dokumen atau disebut juga dengan bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart adalah bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
Aliran dokumen adalah susunan elemen halaman, seperti yang ditentukan oleh pernyataan pemosisian CSS, dan urutan elemen HTML. Artinya, bagaimana setiap elemen menempati ruang dan bagaimana elemen lain memposisikan dirinya sesuai dengan itu
10.Flowchart Data
Flowchart Data adalah teknik penyajian data dengan menampilkannya dalam bentuk diagram. Penyajian data dengan menggunakan diagram diperlukan agar lebih mudah dipahami daripada menyajikan data dalam bentuk tabel
Flowchart data menunjukkan cara informasi mengalir melalui suatu proses atau sistem. Ini mencakup input dan output data, penyimpanan data, dan berbagai macamnya
11.Flowchart Sistem
Flowchart Sistem merupakan bagian yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem
flowchart sistem bisa menggambarkan sebuah tahapan penyelesaian masalah, sederhana, rapi, terurai dan jelas, serta menggunakan berbagai simbol standar.
12.Flowchart Progam
Flowchart program merupakan langkah-langkah (instruksi-instruksi) program yang menceritakan kejadian suatu proses satu dengan proses lainya dalam suatu program secara mendetail yang di wakilkan dalam bentuk simbol atau bagan.
Flowchart progam adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah untuk melakukan proses dalam pemrograman
13.Simbo-simbol Flowchart
1. Simbol Awal (Mulai/Akhir):
Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.
2. Simbol Proses:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah atau tindakan yang harus dilakukan dalam proses. Umumnya direpresentasikan dengan bentuk persegi panjang.
3. Simbol Keputusan (Keputusan):
Simbol ini menunjukkan titik keputusan dalam alur kerja yang memerlukan pilihan ya atau tidak. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk berlian.
4. Simbol Input/Output:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan input atau output data dalam proses. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk paralelogram.
5. Simbol Penghubung (Konektor):
Simbol ini digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terpisah. Biasanya direpresentasikan dengan garis lurus atau panah.
Comments
Post a Comment